5 Cara Mengatasi Insomnia Untuk Tidur Berkualitas

Kesulitan tidur atau yang sering disebut sebagai insomnia memang sangat menyebalkan. Insomnia adalah sebuah gejala dimana seseorang mengalami kesulitan saat mau tidur. Namun penderita insomnia juga kadang kesulitan untuk menjaga agar tidurnya tetap nyenyak. Biasanya insomnia disebabkan oleh faktor psikologis, namun tidak sedikit juga yang mengalami insomnia karena terlalu sering begadang, stress karena pekerjaan, mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung caffeine, dan juga gangguan kesehatan.

Banyak yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia, salah satunya adalah dengan meminum obat-obatan. Namun tidak ada salahnya juga untuk mengatasi insomnia dengan menggunakan cara yang alami. Berikut adalah 6 cara mengatasi insomnia yang bisa anda praktekkan di rumah.

  1. Salah satu yang termasuk dalan 6 cara mengatasi insomnia adalah dengan menggunakan terapi music yang menggunakan gelombang beta brain. Mendengarkan music yang memang dibuat khusus untuk menjadikan otak berada pada gelombang beta sangat membantu untuk penderita insomnia agar cepat tidur. Saat ini, jenis music seperti ini sudah sangat mudah untuk di dapatkan, apalagi bagi anda yang menggunakan smartphone sehinga anda bisa mendapatkan berbagai macam aplikasi yang gratis untuk otak anda sehingga dapat membantu untuk mengatasi insomnia anda.

  2. Cara kedua adalah dengan membuat nyaman tempat tidur anda. salah satu dari 6 cara mengatasi insomnia ini memberikan dampak yang positif terhadap pelepasan lelah pada tubuh anda agar bisa menjadi semakin rileks. Saat tubuh menjadi rileks, anda akan lebih mudah untuk tidur sehingga anda harus membuat tempat tidur yang senyaman mungkin untuk membuat anda bisa tidur lebih lelap lagi. Selanjutnya anda juga bisa meredupkan cahaya pada kamar anda sehingga tidur anda bisa lebih nyaman lagi. Selain itu bisa juga ditambah dengan sedikit aroma terapi untuk membuat pikiran anda lebih rileks.

  3. Yang ketiga adalah dengan berlatih meditasi dan juga pernafasan. Hal ini sudah terkenal dari dulu untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu anda juga bisa mengimbangi meditasi yang anda lakukan dengan meditasi. Usahakan agar anda bisa melupakan masalah yang ada dan memfokuskan diri pada satu titik di dalam pikiran anda. Tidak usah terlalu memikirkan masalah apapun yang terjadi pada diri anda dan serahkan semuanya pada sang pencipta, dengan ini tidur anda akan lebih berkualitas lagi. Anda juga bisa membayangkan sedang berada di tempat yang paling anda sukai sehingga tidak lama kemudian anda bisa lebih cepat tertidur.

  4. Cara ke empat dalam 6 cara mengatasi insomnia adalah untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan saat akan tidur. Jika anda terlalu kenyang saat akan tidur maka akan membuat perut anda menjadi tidak nyaman, sama halnya ketika and aterlalu banyak minum. Jadi jangan lupa untuk pergi ke kamar kecil sebelum tidur sehingga tidur anda akan lebih berkualitas tanpa terganggu hal-hal seperti ingin ke kamar kecil di tengah malam yang membuat anda terbangun.

  5. Cara terakhir adalah dengan rajin berolah raga. Hal ini jika dilakukan secara teratur dapat memberikan dampak yang positif untuk kesehatan anda. Hal ini karena tubuh yang sehat dapat membuat anda melawan berbagai macam gangguan yang terjadi yang menyebabkan anda susah untuk pergi tidur. Ada baiknya bagi penderita insomnia untuk berolah raga di pagi hari.
thumbnail
Judul: 5 Cara Mengatasi Insomnia Untuk Tidur Berkualitas
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Kesehatan :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz