Penyebab Asam Urat dan Cara Pencegahannya

Penyakit asam urat tentunya sudah tidak asing lagi. Banyak orang yang mengidapnya tanpa mengetahui sebab dan asal usul, bahkan beberapa dari mereka tidak tahu betul bagaimana cara yang benar mengatasi hal tersebut. Lalu sebenarnya apa saja penyebab asam urat dan pencegahannya yang benar? Penyebab dari penyakit asam urat dibagi dua. Yaitu bagi pengidap asam urat gout primer dan asam urat gout sekunder.

asam urat

Untuk penyakit asam urat gout promer, penyebabnya diduga karena faktor genetic dan hormone sehingga mengganggu metabolism yang pada akhirnya mengakibatkan produksi asam urat meningkat karena pengeluaran asam urat dari tubuh yang berkurang. Sedangkan untuk asam urat gout sekunder, biasanya hal ini disebabkan karena peningkatan produksi asam urat yang disebabkan oleh mengkonsumsi berbagai macam makanan yang memiliki purin tinggi. Namun asam urat juga bisa disebabkan karena penyakit darah atau obat-obatan. Bisa terjadi juga karena obesitas atau penyakit kulit. Oleh karena itu kita harus tahu penyebab asam urat dan pencegahannya agar bisa terhindar dari penyakit tersebut. Berikut adalah cara untuk mencegah asam urat yang bisa anda coba di rumah.

  1. Setelah mengetahui penyebab asam urat dan pencegahannya, anda diminta untuk lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Sebaiknya, anda menghindari makanan yang memiliki karbohidrat sedehana seperti contohnya nasi putih. Lalu anda harus menggantu karbohidrat sederhana ini dengan karbohidrat kompleks misalnya kentang, ketela, an juga nasi merah. Hindari juga makanan atau minuman yang yang memiliki kadar alcohol tinggi agar anda tetap terbebas dari asam urat.

  2. Mengetahui penyebab asam urat dan pencegahannya sangat penting sehingga anda tahu hal apa saja yang harus di lakukan. Selanjutnya, untuk pencegahannya anda harus memiliki berat tubuh yang ideal karena berat badan yang berlebih dapat membuat anda gampang terserang asam urat.

  3. Anda juga harus mengkonsumsi berbagai makanan sehat yang mengandung potassium tinggi seperti contohnya pisang dan kentang. Selanjutnya, anda bisa juga mengkonsumsi berbagai macam buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C seperti contohnya buah jeruk.

  4. Selain itu, mengkonsumsi banyak air putih juga sangat baik untuk mencegah asam urat. Hal ini karena zat purin yang ada dalam tubuh akan dapat dibuang secara maksimal oleh tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk meminum air putih paling tidak delapan gelas sehari agar zat purin dapat benar-benar keluar dari dalam tubuh sehingga anda akan terhindar dari asam urat.

  5. Hal selanjutnya adalah dengan mencegah stress atau terlalu lelah dalam bekerja. Jika anda bekerja terlalu keras, hal ini dapat membuat asam urat anda cepat kambuh sehingga lebih baik saat anda merasa pekerjaan anda berat, keluarlah sebentar untuk mendapatkan udara segar sehingga otot-otot anda dapat anda regangkan sedikit sehingga tidak merasa lelah atau stress.

  6. Hal yang terakhir adalah dengan melakukan olah raga yang rutin. Kita tahu bahwa olah raga sudah terkenal dari dulu sebagai salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan. Oleh karena itu, melakukan olah raga secara rutin dapat membuat persendian anda lebih nyaman dan lebih mudah bergerak.

Itulah hal-hal yang harus anda tahu soal penyebab asam urat dan pencegahannya agar anda bisa lebih siaga dari awal dan melakukan hal-hal yang bisa mencegah anda dari penyakitasam urat tersebut.
thumbnail
Judul: Penyebab Asam Urat dan Cara Pencegahannya
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Kesehatan, Penyakit, Tips :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz